Ketentuan Denda Jika Telat Bayar Iuran BPJS

Jika telat bayar iuran BPJS Kesehatan Sebulan saja, pelayanan jaminan kesehatan segera di berhentikan. Apa ketentuan anyar soal sanksi serta denda untuk peserta yang menunggak akan iuran BPJS Kesehatan? 

Kepala Humas BPJS, Irfan Humaidi menerangkan ketentuan tercantum dalam Perpres No.19 Thn. 2016 mengenai Jaminan Kesehatan Nasional, yang dijadikan sebagai revisi kedua dari Perpres No. 12 Thn. 2013.

Perubahan ini berkaitan dengan melimpahnya defisit, yakni total iuran yang diterima sedikit kecil disandingkan jumlah payment manfaat kesehatan. Defisit itu mengancam kelangsungan BPJS Kesehatan.

Apa penyebab defisit?

Tidak sedikit peserta menunggak akan iuran. Cuma bayar iuran saat akan memakai layanan BPJS. Tak semua peserta keluarga bayar iuran. Cuma anggota keluarga yang bakal berobat yang bayar. Masih banyak sekali masyarakat tidak jadi peserta BPJS. BPJS Kesehatan mengganti ketentuan denda serta sanksi untuk peserta yang tak bayar iuran, sebagai berikut:

Menunggak, Layanan BPJS Stop

Peserta musti bayar iuran paling lama hari ke sepuluh di awal bulan.

Jika telat 1 bulan semenjak tanggal 10, sarana BPJS Kesehatan peserta dihentikan sementara. Peserta yang menunggak premi takkan dilayani Puskesmas serta rumah sakit.

Ini peraturan yang sedikit keras dibanding ketentuan lama. Tadinya, BPJS memberi kelonggaran sampai 6 bulan tunggakan iuran menjelang pelayanan diberhentikan.

Lunasi Tunggakan, Kartu Aktif 

Bagaimana supaya status dari peserta BPJS aktif lagi? Peserta musti melunasi tunggakan, yakni:

Iuran tertunggak paling banyak tuk waktu 12 bulan, dan iuran di bulan ketika Anggota ingin mengakhiri pemberhentian sementara. Jadi, peserta musti bayar tunggakan iuran serta iuran bulan berjalan agar kartunya aktif lagi.

Ada perubahan yang lumayan signifikan soal denda. Tadinya, peserta musti bayar denda bila terlambat bayar iuran. Didalam ketentuan baru ini, BPJS menghilangkan denda keterlambatan payment iuran. Jadi, jika telat membayar, peserta cuma bayar tunggakan iuran. Tak ada pembayaran denda.

Tapi, denda didalam ketentuan baru diatur: “Denda cuma berlaku untuk peserta yang mendapatkan Layanan Rawat Inap didalam waktu 45 hari semenjak status kepesertaan aktif lagi, yaitu paling besar 2,5% dari harga layanan kesehatan Rawat inap dikali berapa lama bulan tertunggak pada ketentuan”:

Jumlah bulan tertunggak max 12 bulan. Rp. 30.000.000 adalah denda paling banyak.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

General
Jualan Online

Beeholiday sekarang membuka 5 paketan kemitraan personal yang dapat dipilih oleh para pengusaha alias investor yang hendak masuk. Agency jasa penjualan tiket online Beeholiday, didirikan oleh seseorang pengusaha yang pula pemerhati dunia pariwisata Nusantara Riyan Momod Bahriyansyah. Memulai berdagang online dari nol ialah sesuatu yang cukup menantang, khususnya untuk para …

General
Update Pemanas Air Gas Wasser

Pokoknya yang rambutnya dikuncir itu bagi kami dahulu yah neng” ujar Muklas merekomendasikan didalam Indah. Sudahlah, pokoknya aku berpikir cukup bahagia” kata Tuti, ia membelai rambut Shanti. “Apakah kalian tak bahagia? Akhirnya, biarkanlah variabilitas berlanjut sesuai dengan rancangan oven, serta Agan bakal mulai berpikir takjub gimana mereka beraktivitas di kantor …

pemain bintang piala dunia
General
6 Pemain Bintang Yang Kemungkinan Tidak Berlaga Di Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 Rusia segera dihelat mungkin sekitar 2-3 bulan mendatang. Deretan pemain bintang dari seluruh dunia akan berlaga untuk memperebutkan trofi dalam ajang yang sangat bergengsi 4 tahunan ini. Sayangnya karena ketatnya persaingan untuk memperebutkan posisi dinegara dengan sejarah sepak bola bagus kerap kali ada yang dikorbankan tidak dipanggil. …